Skip to main content

Memahami Simulasi Tabel Pinjaman KTA

Cara Memahami Simulasi Tabel Pinjaman KTA

Tabel Simulasi Pinjaman KTAPinjaman KTA mulai diminati oleh masyarakat Indonesia. Meski suku bunga yang dikenakan pada angsuran sedikit lebih besar dari kredit dengan jaminan, namun kemudahan KTA membuat sebagian besar masyarakat tertarik untuk menggunakannya. Sebelum memilih pinjaman di bank, berikut akan dijelaskan mengenai tabel simulasi pinjaman KTA.

Bagi masyarakat yang awam dan tidak biasa membaca tabel, tabel pinjaman KTA akan terasa sangat membingungkan. Terdapat beberapa kolom dan baris yang penuh dengan angka-angka baik dalam persen maupun rupiah.

Model Tabel dengan Kolom Bulan Detail Angsuran

Tabel simulasi pinjaman kta dengan model ini, biasanya memberikan minimal 4 kolom yang berisi bulan, angsuran pokok, bunga, dan total angsuran. Berikut adalah penjelasan cara memahami tabel tersebut.

1. Kolom Bulan Angsuran

Kolom pertama pada tabel, biasanya merupakan bulan cicilan. Jika cicilan harus selesai dalam waktu 3 tahun, maka akan terdapat angka 1-36 yang merupakan perwakilan angka bulan ke- …. angsuran. Begitu pula jika cicilan selesai dalam 5 tahun, maka jumlah angka yang ada pada kolom 1 adalah 1-60.

2. Kolom Cicilan Pokok

Pada kolom cicilan pokok, berisi angka yang menunjukkan besar hutang pokok yang harus dibayar. Misalnya Anda meminjam uang sebesar 100.000.000 rupiah untuk diangsur 3 tahun. Jika uang muka 15.000.000 maka sisa angsuran pokok adalah 85.000.000 rupiah.

Setiap bulannya sebesar 2.361.111 rupiah harus Anda bayarkan. Inilah sebab mengapa banyak bank mensyaratkan penghasilan minimal dengan nominal tertentu bagi calon peminjam. Jika Anda merasa berat dalam mengangsur per bulan, maka akan lebih baik mengajukan durasi pinjaman lebih panjang, misalnya 5 atau 7 tahun.

Jika hutang 100.000.000 dibayarkan dalam 5 tahun, maka angsuran pokok per bulan adalah 1,416,666 rupiah. Lebih terasa ringan jika gaji per bulan 3.000.000 rupiah. Selain memperhatikan tabel simulasi pinjaman KTA pada bagian ini, nasabah harus membaca bagian ketiga, yaitu bunga.

3. Kolom Bunga Angsuran

Pinjaman KTA biasanya menggunakan suku bunga flat sehingga angsuran tiap bulannya sama besar. Contoh perhitungan dalam tabel simulasi pinjaman KTA kali ini, menggunakan bunga sebesar 8% per tahun. Pinjaman sebesar 100.000.000 rupiah dengan bunga 8% berarti peminjam harus membayar bunga sebesar 8.000.000 rupiah pertahun.

Sehingga tiap bulannya, bunga yang ditanggung adalah sebesar 666.666 rupiah. Suku bunga yang ditetapkan setiap bank berbeda satu sama lain. Sebelum menentukan pengajuan pinjaman, akan lebih bijak jika membandingkan besar suku bunga masing-masing bank.

4. Kolom Total Cicilan

Kolom terakhir biasanya adalah kolom total cicilan. Bunga yang telah dihitung, kemudian di tambahkan dengan cicilan pokok yang sudah ada di kolom sebelumnya. Misalnya cicilan pokok adalah 2.361.111 rupiah, maka jumlah cicilan per bulan yang harus dibayar adalah 3.027.777 rupiah.

Jumlah total inilah beban sebenarnya dari peminjam. Total angsuran harus sepadan dengan gaji pokok yang diterima oleh peminjam.

Model Tabel Angsuran Tanpa Detail

Tabel model ini seringkali membingungkan bagi nasabah baru. Hanya terdapat kolom bulan, dan durasi pembayaran. Berikut adalah penjelasan mengenai cara memahami tabel tersebut.

1. Kolom Nomor Angsuran

Kolom ini tentu mewakili bulan pembayaran angsuran. Biasanya dalam tabel ini, simulasi pembayaran dilakukan dalam durasi yang sama. Misalnya dalam 12 bulan, seorang peminjam harus melunasi hutang sebesar 300.000.000 rupiah.

Maka pada kolom ini akan ditunjukkan langsung jumlah cicilan total yang harus dibayarkan oleh peminjam. Misalnya bulan pertama 27.500.000 rupiah, kemudian bulan selanjutnya 27.500.000 rupiah dan seterusnya. Jika bunga yang dibayarkan bersifat flat maka jumlah angsuran pada setiap bulan akan sama besar.

2. Kolom Maksimal Kredit / Jumlah Pinjaman Maksimal

Pada kolom ini, akan ditunjukkan jumlah pinjaman yang bisa diperoleh nasabah. Pinjaman maksimal inilah yang harus dilunasi dalam durasi yang telah disepakati. Dalam kolom ini ada tabel yang menunjukkan piutang pokok, adapula yang menunjukkan piutang pokok plus bunga yang ditanggung.

Jika pinjaman yang dipilih menunjukkan total cicilan lebih besar dari gaji atau penghasilan bulanan, maka pihak bank berkemungkinan menolak permohonan pinjaman tersebut. Hal ini dikarenakan peminjam akan sulit membayar angsuran dan menyebabkan kredit macet. Terlebih KTA tidak menggunakan jaminan, sehingga pihak Bank akan dirugikan jika ada kredit yang tertunda, tidak selesai, atau tidak berjalan sama sekali.

Daftar Tabel Pembayaran Pinjaman KTA Bank 2019

Daftar Tabel Pembayaran Pinjaman KTA Bank 2019Kredit Tanpa Agunan atau yang biasa disebut dengan KTA merupakan pemberian pinjaman dari bank tanpa menggunakan jaminan barang nasabah. Produk ini hadir untuk memberikan kemudahan bagi nasabah yang ingin melakukan peminjaman uang. Pemberian pinjaman uang kepada nasabah memiliki nilai minimal dan maksimal yang berbeda-beda pada setiap bank. Selain itu, besarnya bunga bank dan jumlah pembayaran pinjaman pada setiap bulannya pun juga berbeda. Berikut daftar tabel pembayaran pinjaman KTA Bank 2019 :

Tabel Pembayaran Pinjaman KTA Bank 2019 (Bank Mandiri)

Tabel Pembayaran Pinjaman KTA Bank 2019 (Bank Mandiri)Gambar diatas merupakan tabel pembayaran pinjaman KTA Bank 2019 (Bank Mandiri). Tabel tersebut menggambarkan jumlah pembayaran pinjaman per bulannya dalam jangka waktu tertentu sesuai dengan besarnya pinjaman. Bank Mandiri menyediakan jangka waktu pembayaran pinjaman mulai dari 1 tahun hingga 5 tahun.

Nasabah yang meminjam uang di bank Mandiri akan diberikan suku bunga yang ringan sekitar 0,98% per bulan. Limit pinjaman uang oleh nasabah juga bisa mencapai 30 kali gaji. Selain itu, Bank Mandiri memberikan limit kredit minimal 5 juta rupiah dan maksimal 350 juta rupiah.

Tabel Pembayaran Pinjaman KTA Bank 2019 (Bank BNI)

Tabel Pembayaran Pinjaman KTA Bank 2019 (Bank BNI)Gambar diatas merupakan tabel pembayaran pinjaman KTA 2019 Bank BNI. Sama halnya dengan Bank Mandiri, Bank BNI juga menyediakan jangka waktu pembayaran pinjaman mulai 1 tahun hingga 5 tahun. Bank ini menyediakan jumlah kredit lebih sedikit dibandingkan dengan Bank Mandiri yaitu minimal 5 juta hingga 100 juta rupiah.

Nasabah yang mengajukan pinjaman di Bank BNI akan dikenakan suku bunga sebesar 0,8% hingga 1,04% dengan suku bunga yang tetap tiap bulannya. Persyaratan untuk mendapatkan pinjaman ini pun cukup mudah yaitu merupakan nasabah payroll BNI, berusia 21 hingga 55 tahun, dan memiliki gaji minimum 3 juta tiap bulannya.

Tabel Pembayaran Pinjaman KTA Bank 2019 (Bank Permata)

Tabel Pembayaran Pinjaman KTA Bank 2019 (Bank Permata)Gambar diatas merupakan tabel pembayaran pinjaman KTA Bank 2019 Bank Permata. Bank Permata hanya memberikan jangka waktu minimal 1 tahun dan maksimal 3 tahun untuk pembayaran pinjaman uang. Suku bunga yang diberikan kepada nasabah juga cukup besar yaitu sebesar 1,59% per bulan atau setara dengan 19,08% per tahunnya.

Bank Permata dapat memberikan kredit minimal 5 juta rupiah hingga 300 juta rupiah kepada nasabah. Nasabah yang ingin mengajukan peminjaman uang juga cukup mudah. Beberapa persyaratan yang harus dipenuhi calon debitur yang paling utama adalah berusia 21 hingga 60 tahun saat pelunasan dan karyawan payroll dengan gaji minimal 3 juta.

Tabel Pembayaran Pinjaman KTA Bank 2019 (Bank BRI)

Tabel Pembayaran Pinjaman KTA Bank 2019 (Bank BRI)Gambar diatas merupakan tabel pembayaran pinjaman KTA Bank 2019 Bank BRI. Bank ini menyediakan jangka waktu pembayaran minimal 6 bulan hingga 5 tahun kepada nasabah. Pembayaran pinjaman KTA Bank BRI bersifat tetap pada setiap bulannya.

Bank BRI memberikan pinjaman mulai 10 juta hingga 100 juta rupiah kepada nasabahnya. Beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk dapat mengajukan pinjaman ini adalah merupakan WNI yang berusia 21 tahun dan bertempat tinggal di dalam negeri, maksimal berusia 55 tahun ketika pelunasa, dan memiliki gaji minimal 2 juta/bulan untuk karyawan.

Tabel Pembayaran KTA Bank BCA (Bank BCA)

Tabel Pembayaran KTA Bank BCA (Bank BCA)Gambar diatas merupakan tabel pembayaran pinjaman KTA Bank 2019 Bank BCA. Bank ini menyediakan jangka waktu pembayaran peminjaman minimal 1 tahun dan maksimal 5 tahun. Sama halnya bank pada umumnya, bank BCA memberikan kredit minimal 5 juta hingga 200 juta rupiah.

Bank BCA memiliki suku bunga berkisar antara 1% hingga 1,7% per bulannya dengan jenis suku bunga tetap. Beberapa persyaratan penting dan dasar untuk mendapatkan pinjaman ini adalah WNI atau WNA 21-55 tahun serta karyawan dengan gaji minimal 2,5 juta/bulan.

Itulah beberapa informasi mengenai daftar tabel pembayaran pinjaman KTA Bank 2019 yang bisa diketahui.

You may also like