Pentingnya Memahami Tabel Angsuran Pinjaman Bank BTN

Sebelum mengajukan aplikasi pinjaman ke Bank BTN maka tidak ada salahnya untuk melirik dulu isi tabel angsuran pinjaman Bank BTN tersebut. Mengajukan pinjaman tentunya butuh berbagai pertimbangan sehingga tidak asal diajukan. Usai dana pinjaman cair maka bisa dipergunakan secara maksimal tanpa tujuan yang jelas. Resikonya tentu saja bisa terjadi kredit yang tersendat bahkan macet karena perhitungan yang salah kaprah.

Menghindari resiko kredit macet maka perlu mengajukan pinjaman yang rasional, yakni sesuai kondisi finansial. Maka disarankan untuk melirik tabel angsuran yang disediakan oleh Bank BTN sebagai bahan pertimbangan. Melalui tabel angsuran ini maka akan memperoleh informasi berapa nilai angsuran bulanan yang diterima. Ketika mengajukan pinjaman dengan nominal tertentu dan memilih jangka kredit tertentu pula.

Detail informasi yang dimuat di dalam tabel angsuran pinjaman Bank BTN tersebut tak pelak memberikan banyak manfaat bagi nasabah. Manfaat ini antara lain:

1. Tahu Betul Mekanisme Perhitungan Bunga Kredit

Selama ini nasabah seolah hanya tahu angka suku bunga dalam bentuk presentase, namun tidak dengan perhitungannya. Jadi, terkadang masyarakat masih mengajukan pinjaman dengan bunga yang memberatkan. Kondisini ini memperbesar resiko kredit tersendat yang tidak hanya berdampak pada BI Checking nasabah. Namun juga kredibilitas dan performa Bank BTN selaku pemberi pinjaman.

Lewat tabel angsuran yang memaparkan detail nilai angsuran selama jangka kredit tertentu. Maka nasabah secara tidak langsung diajak mengenali mekanisme perhitungan suku bunga, tidak sekedar angka dalam presentase. Namun juga perhitungannya langsung dalam bentuk nilai cicilan setiap bulan. Sehingga diharapkan nasabah semakin melek dengan simulasi kredit agar mengajukan kredit yang produktif.

2. Memberi Kemudahan Mengukur Kemampuan Angsuran,

Berbekal informasi yang tersaji di dalam tabel angsuran pinjaman Bank BTN maka nasabah tahu betul nilai cicilan setiap bulannya berapa. Tentunya dengan pemahaman ini nasabah bisa memperhitungkan sendiri kemampuan finansialnya. Ketika kondisi finansial mampunya melunasi pinjaman selama 5 tahun. Maka jangan sampai mengambil jangka kredit lebih pendek yang membuat cicilan susah dijangkau.

3. Mengecek Kembali Jumlah Pinjaman Yang Sebaiknya Diajukan

Tabel berisi detail angsuran pinjaman yang disuguhkan oleh Bank BTN ini juga mencantumkan nilai pinjaman beserta cicilannya setiap bulan. Lewat informasi ini tentu memudahkan nasabah untuk cermat memperhitungkan dana pinjaman sebaiknya berapa. Tujuannya adalah untuk memastikan nasabah tersebut memiliki nilai cicilan sesuai kemampuan. Sebab semakin tinggi jumlah pinjaman yang diajukan, maka nilai cicilan akan ikut tinggi.

4. Memperhitungkan Jangka Kredit Terbaik

Bank BTN menyuguhkan pinjaman yang ramah bagi semua nasabahnya, tak hanya menawarkan plafon besar. Akan tetapi juga memberikan banyak opsional pada nasabah hendak melunasinya dalam jangka kredit berapa lama. Jika nasabah memiliki gaji bulanan tinggi maka dijamin mampu membayar cicilan untuk jangka kredit pendek. Maka dengan adanya tabel angsuran dari Bank BTN diharapkan nasabah tepat dalam menentukan jangka kredit. Supaya tidak terlalu pendek yang berimbas pada cicilan tinggi. Namun tidak pula terlalu panjang yang menyebabkan bunga kredit terasa mencekik.

5. Meminimalisir Resiko Kredit Macet Maupun Tersendat

Membaca informasi di dalam tabel angsuran pinjaman dengan seksama membantu nasabah menilik kemampuan finansial. Sekaligus menghindari bunga pinjaman yang terlalu besar. Maka dipastikan adanya tabel ini membantu nasabah melunasi pinjaman dengan tertib. Sebab sejak awal sudah disesuaikan kemampuan sehingga resiko kredit macet sangat kecil.

Kredit macet adalah momok menakutkan bagi bank maupun nasabah yang mengajukan pinjaman. Meminimalisir resiko ini sangat penting untuk kemudahan kredit selanjutnya sebab BI Checking terbilang bagus. Jadi, silahkan cermati tabel angsuran pinjaman Bank BTN yang diberikan dan ajukan pinjaman dalam jumlah rasional.

 

Comments are closed.